Minggu

TIK

Posted by Liliyanto On 04.47
Pemahaman saya pada
Makalah Perancangan Aplikasi M-Leanig berbasis JAVA
by
Liliyanto


Ketergantungan manusia terhadap teknologi informasi dewasa ini semakin terasa. Banyak orang rela membayar mahal dan menempuh berbagai cara bahkan sampai mempertaruhkan nyawa hanya untuk mendapatkan sebuah informasi, Demikian dikatan oleh para pakar TIK.
Artikel Perancangan Aplikasi M-Leanig berbasis JAVA adalah terobosan baru yang masih dalam tahap pengembanagan dan para peneliti masih mengeksplorasi setiap aspeknya, M-Learning diperkirakan akan menjadi pemain baru yang sangat digemari dan menjadi pilihan setiap pengguna TIK. Hal ini cukup beralasan, dibandingkan perangkat-pearangkat sebelumnya, seperti PC tanpa hardisk hingga PC lengkap dengan multimedia; mulai dari telepon dengan kabel, ponsel, hingga teknologi iridium dan internet, Mobile Learning praktis cukup simpel dan mudah diakses dimana-mana.
Istilah Mobile Learning (M-Learning) merupakan perangkat IT yang bergerak sehingga apabila digunakan dalam proses pembelajaran akan memudahkan pengguna. Siswa dapat mengakses dimana pun dan kapan pun. Hal ini tentu sangat mendukung untu kmeningkatkan kualitas dan kwantitas belajar. Walaupun demikian, E-Learning juga mempunyai keterbatasan dan tidak dapat menggantikan proses pembelajaran tradional yang sudah berjalan ratusan tahun, dan juga menggatikan IT lama yang selama ini sudah berkembang.
Sistem pada E-Learning yang dikembangkan oleh penulis artikel yang saya komentari merupakan sistem yang nantinya akan dijalankan oleh web server yang memberikan pelayanan (service) m-learning yang dapat diakses oleh sub-subsistem lain, yaitu GML(Ganesa Mobile Leaning) yang berupa Smartphone. Sehingga dapat diakses dalam wilayah yang sangat luas.
Alhasil, ini tentu saja menjadi peluang sekaligus menjadi tantangan, dengan kecanggihan teknologi kita dipacu untuk mau belajar dan mau maju dalam mendidik peserta didik dengan memanfaatkan kecanggihan ICT. Dengan harapan apabila kita telah mampu menggunkannya, para siswa dapat memacu diri dalam mengembangkan kemampuan untuk bersaing di era globalisasi dengan kecanggihan teknolgi yang semakin pesat perkembanagannya. Proses pembelajaran yang mempu membangkitkan semanagat belajar adalah suatu proses untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang akan memimpin Negara ini dimasa yang akan datang.

0 komentar: